PURWOKERTO,- SD UMP menggelar salat Gerhana Bulan Total atau salat Khusuf di masjid Darul Arqom, Selasa (8/11/2022). Shalat berjamaah tersebut diikuti siswa kelas VI dan guru serta karyawan SD UMP. Shalat Gerhana Bulan dimulai selepas shalat Maghrib berjamaah.

Fenomena langka gerhana bulan total 8 November 2022 ini menjadi gerhana bulan total terakhir yang terjadi sepanjang 2022.

Untuk diketahui, penampakan gerhana bulan total cenderung berwarna kemerahan yang disebabkan oleh hamburan Rayleigh, yakni pembiasan sinar matahari secara selektif oleh atmosfer bumi. Gerhana bulan total dapat pula berwarna merah kusam hingga kecokelatan jika kualitas udara di lokasi pengamatan bersih dari debu.

Imam shalat gerhana bulan total berjamaah di SD UMP, ustaz Defit Priyanto mengatakan selama terjadi gerhana bulan total ada baiknya diperbanyak zikir, istighfar, dan amal saleh lainnya.Ia juga menjelaskan jika shalat gerhana ini berbeda dengan shalat wajib maupun Sunnah lainnya.

“Tata cara pelaksanaan shalat gerhana sedikit berbeda dengan shalat wajib lima waktu. Ini menjadi pelajaran penting bagi siswa kelas VI, supaya ke depan sudah bisa melaksanakan shalat gerhana,” katanya.

Sementara itu, Kepala SD UMP Nofiyanto melalui WK Keagamaan, Ayi Istiana mengatakan program yang melibatkan seluruh bidang baik kesiswaan, keagamaan, dan kurikulum ini digelar selain menjalankan Sunnah juga untuk menumbuhkan wawasan tentang kebesaran Allah pada siswa.

“Adanya fenomena gerhana ini menjadi satu momen untuk merenung, berkontemplasi betapa besarnya kuasa Allah. Wawasan seperti ini sangat penting untuk ditanamkan pada anak-anak, supaya menjadi bekal saat mereka dewasa, betapa Allah maha kuasa, maha besar, dan maha segalanya,” katanya.

102 Views

Leave a Comment