PURWOKERTO,- Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia yang gigih dalam melawan para penjajah. Namun, dalam memperingati kemerdekaan ini tidak harus dengan cara-cara sekadar mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Sebab, ada banyak cara yang bisa dilakukan bangsa Indonesia dalam memaknai dan merayakan kemerdekaan. Sebagai contoh, generasi Z memiliki caranya sendiri dalam memaknai kemerdekaan, yang tentu berbeda dengan generasi milenial atau para profesional lainnya. Begitu juga bagi dunia pendidikan yang memiliki caranya sendiri dalam menyemarakkan kemerdekaan dan memaknainya.

Kepala SD UMP, Nofiyanto SPdGR mengatakan bagi dunia pendidikan kemerdekaan tentu saja merdekanya siswa dalam mengakses pendidikan. Jangan sampai ada anak yang kesulitan dalam mengakses pendidikan saat ini.

SD UMP menurut dia, terus berupaya menjadikan pendidikan yang lebih mudah diakses dengan segala fasilitas terbaik. Karena pendidikan terbaik merupakan hak setiap anak.

“Saat ini ada kurikulum merdeka belajar, yang akan memberikan kemudahan pelajar dalam mengakses pendidikan yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam perayaan HUT RI ke 77 tahun ini, SD UMP juga turut merayakan dengan menginternalisasi tema besar nasional.

“Bagaimana tema kemerdekaan ini kita maknai dengan adanya percepatan dalam pembangunan karakter anak-anak,” katanya.

Sebab, kata dia, selama pandemi, anak-anak sangat kurang berinteraksi di rumah. Setelah sekarang kembali normal, di sini pendidikan harus mengambil tempat, bagaimana pendidikan berperan melakukan percepatan pembangunan karakter.

Seperti kita tahu, karakter ini sangat penting untuk dimiliki generasi penerus bangsa. “SD UMP pun terus berupaya membangun dan membekali siswa dengan karakter pemimpin sejak dini,” kata dia.[]

98 Views

Leave a Comment