PURWOKERTO,- Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (SD UMP) menggelar penilaian akhir semester (PAS) dan Sumatif Akhir Semester (SAS).

Penilaian Akhir Semester dilaksanakan untuk siswa kelas 2, 3, 5, dan 6. Sementara Sumatif Akhir Semester dilakukan untuk siswa kelas 1 dan 4
Penilaian Akhir Semester dan Sumatif Akhir Semester dilakukan pada jenjang yang berbeda karena mengikuti kurikulum yang digunakan. SAS dilaksanakan untuk kelas 1 dan 4 karena sudah menerapkan kurikulum merdeka. Sehingga tidak mengenal istilah PAS.

Namun, Kepala SD UMP Nofiyanto mengatakan sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara PAS dan SAS. Meskipun beredar istilah Sumatif Akhir Semester (SAS), tetapi sesuai dokumen resmi yang mengatur tentang kurikulum merdeka belum ditemukan istilah tersebut.

Ia mengatakan, di dalam Kurikulum Merdeka, terdapat dua bentuk penilaian (asesmen), yaitu Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif.

“Kedua bentuk penilaian tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar, meskipun sama-sama berfungsi sebagai asesmen di dalam pembelajaran,” katanya

163 Views

Leave a Comment