PURWOKERTO,- Pendidikan yang baik tidak hanya mendidik anak-anak supaya pintar dalam hal akademik semata. Tapi juga ada pendidikan karakter, kemandirian, dan life skill yang harus diajarkan pada siswa.

Seperti yang diajarkan di SD UMP, siswa tidak hanya belajar materi akademik saja. Sebab, selain pembelajaran terkait akademik, siswa SD UMP juga dibekali materi-materi kemandirian dan life skill yang diberikan secara rutin dan bertahap melalui hal-hal sederhana.

Satu di antara materi life skill yang diberikan di antara praktik membuat burger dan salad buah. Meskipun terkesan sederhana, tapi disadari atau tidak kemampuan membuat makanan seperti ini sangat dibutuhkan.

“Karena ke depan saat mereka sudah tumbuh dewasa kemampuan-kemampuan semacam ini sangat dibutuhkan. Ini hanya sebagai dasar saja, supaya siswa lebih mengenal kemampuan apa saja yang sebaiknya mereka kuasai saat mereka dewasa nanti. Supaya mereka terdidik untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berjiwa kepempinan,” kata wali kelas 2 Mekkah SD UMP, Nur Asih Wulandari.

Sementara itu, Kepala SD UMP, Nofiyanto mengatakan, SD UMP memang selalu membekali siswanya dengan kemampuan-kemampuan yang akan dibutuhkan setelah lulus dari SD.

Kemampuan life skill yang diberikan kata dia juga beragam. Tidak hanya membuat burger dan salad buah saja. Karena disesuaikan dengan masing-masing tingkatan kelas.

“Sesuai visi misi, kami berusaha mendidik siswa untuk menjadi pribadi yang Islami, cerdas, dan berwawasan modern. Tentu dengan didukung jiwa kepemimpinan. Sekolah sangat mendukung setiap program atau materi pelajaran yang dilakukan para guru untuk siswa-siswa,” kata dia.

149 Views

Leave a Comment